25 Februari 2008

Dokumentasi Berita (5)

Seni Budaya:LAF Gelar Dunia Puisi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Malam ini (27-8), Lampung Arts Festival (LAF) menggelar Dunia Puisi. Kegiatan ini diramaikan puluhan penyair asal Lampung dan luar daerah.

Sekretrais Kegiatan LAF, Panji Utama, Minggu (26-8), mengatakan kegiatan ini akan difokuskan di panggung terbuka Pasar Seni Enggal, malam ini mulai pukul 20.00.

"Kegiatan digelar mengingat Krakatau Award yang setiap tahun digelar, pada tahun 2007 ini belum jelas dilaksanakan karena persoalan anggaran," kata Panji.

Untuk itulah, menurut dia, dipilihlah puisi sebagai genre dari sastra untuk mewakili kegiatan LAF 2007. "Makanya kami mengundang sejumlah penyair dari beberapa kota, provinsi, pulau, bahkan negara yang dinilai pantas bisa menghadiri event LAF ini."

Pemilihan penyair, menurut Panji, tidak terbatas pada satu angkatan saja, tapi mereka yang berkiprah sejak tahun 1980-an hingga 2000-an.

"Mereka yang jelas mewakili generasi masing-masing, sehingga diharapkan dapat memperjelas benang regenerasi perpuisian di Indonesia. Makanya diharapkan ini bisa memberikan sumbangsih bagi apresiasi puisi utamanya di Lampung," ujarnya.

Adapun generasi 1980-an, di antaranya diwakili Ahmadun Yosi Herfanda, Ahmad Subhanuddin Alwy, Micky Hidayat, Bambang Widiatmoko, Anwar Putra Bayu, Y.S. Agus Suseno, dan Endang Supriadi.

Mereka akan berkolaborasi dengan generasi yang baru bermunculan seperti I Wayan Sunarta, Jimmy Maruli Alfian, Ari Pahala Hutabarat, Inggit Putria Marga, Alex Nainggolan, hingga Pranita Dewi, Shinta Febriani, Ni Putu Vivi Lestari, dan lainnya.

"Malam apresiasi Dunia Puisi ini akan diisi pembacaan puisi dari penyair asal Lampung yang jumlahnya lebih dari 16 orang, lalu penyair asal Sumatera Selatan, Jakarta, Yogyakarta, Cirebon, Bali, Banjarmasin, dan Makassar. Serta penyair asingnya rencananya berasal dari Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, dan Sri Lanka," ujar Panji.

Selain itu, kegiatan lain yang juga digelar ialah diskusi sastra yang akan mengangkat tema Puisi sebagai Teks yang akan digelar di Kantor Redaksi Lampung Post, Selasa (28-8). n TYO/K-2

Sumber:www.lampungpost.com/cetak/cetak.php?id=2007082702083529 - 4k -

Tidak ada komentar: