25 Februari 2008

Dokumentasi Berita (1)


WS Rendra akan Baca Puisi Bersama 22 Penyair Dunia di Atas Sungai Musi

PALEMBANG--MIOL: Penyair si burung merak WS Rendra bakal menampilkan 22 penyair ternama dari 13 negara, 16 penyair Indonesia. Mereka akan tampil dalam ajang The Indonesiari Poetry International Festival di Kota Palembang. Mereka akan baca puisi di atas kapal pesiar sembari menikmati panorama Sungai Musi.

Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatra Selatan (DKSS) Djohan Hanafiah mengemukakan kegiatan pembacaan puisi dunia tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan di luar Pulau Jawa.

"Jadi Palembang mendapat kehormatan luar biasa. Semua itu berkat WS Rendra yang telah memboyong para pembaca puisi dunia untuk berpartisiapsi pada festival ini," kata Djohan yang juga Ketua Panitia Pelaksana The Indonesian Poetry International Festival kepada wartawan di Palembang, Rabu (28/6).

Festival baca puisi dunia tersebut akan berlangsung tiga hari sejak 1 Juli 2006. Berdasarkan informasi WS Rendra, kata Djohan, para penyair dunia yang bakal tampil itu antara lain Ahmed Abdul Mooty Hezagy dari Mesir, Ani Sumari (Finlandia).

Lainya, Duo Duo (China), Durs Gurnheim (Jerman), Eduardo Sanguineti (Italia), Ismail Turan (Italia), Hans Wap (Belanda), Ko Un (Korsel), John Traner (Australia) Mircea Dinescu (Romania), Tsead Bruinja (Friesland) dan Zhang Zao dari China serta dua penyair dari Hongaria.

"Para penyair itu dibawa Rendra ke Palembang untuk ikut ajang baca puisi dunia tersebut. Mereka nantinya juga akan baca puisi di atas Sungai Musi, malam hari," ujar Djohan, didampingi tokoh pers Ismail Djalili.

Para penyair Indonesia antara lain Anwar Putra Bayu, T Wijaya, Ahmadun Y Herfanda, Aslan Abidin, Sutardji Chaulsum Bachri, Godi Suwarna dan Nenden Lilis.

Djohan Hanafiah mengatakan festival baca puisi dunia tersebut juga akan dimerihakan dengan pegelaran seni budaya Sumsel yakni Senjang dan Guritan yang selama ini memang hidup di tengah-tengah masyarakat daerah ini.

Untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat luas, para penyair dunia tersebut akan melakukan bincang dengan masyarakat dalam acara Artis Talk di Hotel Novotel, Palembang. (AY/OL-02). : Yasland Aspani

Sumber:www.mediaindo.co.id/berita.asp?id=104388 - 57k

Tidak ada komentar: